iPhone menyediakan interface bahasa yang sangat beragam bagi usernya. Namun tentu saja anda tidak membutuhkan semuanya. Lagipula paket-paket bahasa tersebut cukup menyita ruang harddisk. Dengan menghapus paket bahasa yang tidak diperlukan, anda bisa sedikit menghemat harddisk iPhone dan sekaligus meningkatkan performanya.

Saya mencoba trik ini menggunakan script langpack buatan fubaya pada iPhone 3GS iOS 4.0. 1 jailbroken. Hasilnya cukup memuaskan dan tidak ada “efek samping”, selama anda tidak menghapus bahasa yang anda butuhkan. Sebagai acuan, saya menghapus semua bahasa yang ada, kecuali English, Bahasa Indonesia, Japan dan British English. Bahasa Jepang sengaja saya biarkan karena saya menggunakan aplikasi Emoji Icon yang membutuhkan bahasa Jepang.

iPhone Languages Pack

iPhone Languages Pack

Ok, mari kita mulai langkah-langkahnya:

  1. Download script bahasa.sh. Ini adalah script langpack.sh versi 2.2 buatan fubaya yang telah saya modifikasi ke bahasa Indonesia. (Download di sini)
  2. Copy file bahasa.sh ke direktori /var/mobile/ pada iPhone anda. Saya menggunakan DiskAid untuk menghubungkan komputer dan iPhone.
  3. Jalankan aplikasi Mobile Terminal di iPhone anda, lalu ketik command-command berikut:
  • Ketik: su
    Tekan: return
  • Ketik: password anda (password default adalah: alpine, jika anda tidak pernah mengubahnya)
    Tekan: return
  • Ketik: chmod 0755 bahasa.sh
    Tekan: return
  • Ketik: ./bahasa
    Tekan: return

Sekarang anda tinggal mengikuti instruksi dari script bahasa yang telah saya modifikasi. Tenang, ini sangat mudah dilakukan. Anda cukup mengetik Y untuk menghapus bahasa tertentu atau N untuk tidak menghapusnya.

Setelah selesai, tutup aplikasi Mobile Terminal dan reboot iPhone anda.